Kandungan Buah Naga Merah Dan Tips Menyimpannya

Tak hanya cita rasanya yang nikmat, kandungan butir naga merah juga sangat majemuk. Selain baik buat memenuhi asupan nutrisi harian Anda, kandungan vitamin & mineral dalam butir naga merah juga baik buat memelihara kesehatan tubuh.

Buah naga merupakan salahsatu buah yg relatif umum dikonsumsi sang masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki kulit yang tampak bersisik dan berwarna merah keunguan atau merah belia. Berdasarkan warna dagingnya, buah naga terdiri atas dua jenis, yaitu butir naga putih & buah naga merah.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah kandungan nutrisi pada buah naga merah tidak sama dengan butir naga yang berwarna putih. Nah, perlu Anda ketahui, walau mempunyai warna daging butir yg tidak selaras, kandungan nutrisi pada butir naga tidak jauh berbeda.

Kandungan & Manfaat Buah Naga Merah

Kandungan Buah Naga Merah Dan Tips Menyimpannya


Buah naga termasuk jenis buah yang rendah kalori. Dalam seporsi butir naga (kurang lebih 100 gram) hanya terdapat kurang lebih 60 kalori. Buah ini jua sama sekali tidak mengandung lemak. Meski demikian, kandungan gizi pada butir naga relatif tinggi. Berikut ini adalah beberapa kandungan pada butir naga dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda:


1. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada butir naga berfungsi menjadi antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh menurut gambaran radikal bebas. Kandungan vitamin C pada butir naga juga baik buat merangsang pembentukan kolagen, menjaga daya tahan tubuh, & membantu penyerapan zat besi agar tubuh nir kekurangan darah.


2. Vitamin B2 dan vitamin B3

Selain vitamin C, butir naga juga mengandung vitamin B2 dan vitamin B3. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelancaran metabolisme tubuh dan memelihara kesehatan jaringan tubuh. Asupan vitamin B yg tercukupi pula diyakini bisa menurunkan risiko beberapa penyakit, misalnya migrain, katarak, preeklampsia, dan penyakit jantung. Vitamin B jua diklaim berperan krusial pada menjaga kesehatan saraf tubuh.


3. Magnesium

Buah naga merupakan salahsatu jenis butir yang poly mengandung magnesium. Berkat kandungannya tersebut, buah ini dapat mencegah & meringankan kram otot, mempertinggi stamina dan performa saat berolahraga, memelihara kesehatan & fungsi jantung, dan menurunkan tekanan darah. Magnesium juga bisa menurunkan risiko depresi, diabetes tipe dua, dan hipertensi, serta meringankan tanda-tanda migrain & sindrom pramenstruasi.


4. Zat besi

Zat besi merupakan jenis mineral yang sangat krusial bagi tubuh insan lantaran berperan sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah. apabila tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah dalam tubuh pun akan berkurang. Akibatnya, Anda berisiko terserang anemia atau anemia.

Buah naga mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi, sebagai akibatnya dapat memenuhi asupan zat besi yang diperlukan tubuh & mencegah Anda berdasarkan aneka macam kasus kesehatan yang disebabkan sang kekurangan zat besi. Kandungan zat besi pada buah naga ini menjadikannya salahsatu pilihan buah penambah darah yg sanggup Anda pertimbangkan.


5. Kalsium

Kalsium diperlukan oleh tubuh buat memelihara kekuatan tulang. Selain itu, organ jantung, otot, dan saraf pula memerlukan kalsium agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan kalsium dalam tubuh bisa menaikkan risiko osteoporosis.

Tetapi, Anda tidak perlu risi, sebab buah naga jua mempunyai kandungan kalsium di dalamnya. Selain mengonsumsi susu, Anda dapat mengonsumsi buah naga buat memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.


6. Antioksidan

Buah naga merupakan jenis buah yg kaya akan antioksidan dan zat pewarna alami yang diklaim antosianin. Zat inilah yg memberikan rona merah terang pada buah naga. Kandungan butir naga tadi diketahui bisa melindungi sel & jaringan tubuh menurut kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan menurunkan risiko kanker.

Setelah mengonsumsi butir naga merah, warna urine & feses Anda mungkin akan sebagai tampak kemerahan. Tetapi, Anda tidak perlu cemas lantaran hal tadi wajar terjadi & tidaklah berbahaya. Urine dan fese berwarna kemerahan ditimbulkan oleh zat antosianin yg terkandung pada buah naga merah.

Selain kandungan di atas, buah naga jua mengandung poly serat sebagai akibatnya bisa melacarkan pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi sayuran & butir-buahan berserat tinggi, termasuk butir naga, Anda mampu tercegah berdasarkan sembelit.


Tips Menyimpan Buah Naga

Buah naga bisa dikonsumsi pribadi sehabis dicuci higienis. Namun, Anda harus memotong & memisahkan antara daging butir & kulitnya. apabila ingin menyimpan buah naga lebih usang, Anda mampu mencoba mengikuti beberapa tips berikut:Bungkus butir naga terlebih dahulu dengan kantong plastik sebelum menyimpannya di kulkas.Hindari memotong butir naga bila tidak segera dihabiskan.Jika Anda sudah terlanjur memotong buah naga namun tidak habis dimakan, Anda mampu menyimpannya di dalam wadah rapat udara untuk menjaga kesegarannya atau simpan di pada freezer.Jangan mengonsumsi buah naga apabila daging buah sudah berubah rona sebagai agak coklat dan bertekstur lembek.

Meski butir naga memiliki segudang manfaat buat tubuh, tidak semua orang mampu mengonsumsi butir ini. Ada sebagian orang yg memiliki alergi terhadap buah naga. Tetapi, hal ini sangat jarang ditemukan. apabila Anda mempunyai perkara kesehatan tertentu & ragu apakah Anda boleh mengonsumsi buah naga atau tidak, usahakan berkonsultasilah dulu dengan dokter buat memastikannya. Begitu jua bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan rutin berdasarkan dokter.

Postingan Populer