Ini Dia 4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Ikut Program Bayi Tabung

Mempunyai keturunan adalah dambaan hampir setiap pasangan. Namun, sayangnya tidak semua pasangan bisa mendapatkannya dengan mudah dalam waktu singkat. Ada banyak usaha yang harus dilewati. Salah satunya harus dijalani dengan program bayi tabung. Program bayi tabung adalah suatu prosedur medis yang dilakukan untuk membantu proses kehamilan bagi pasangan  yang mengalami kendala pada kesuburan. Program ini harus dilakukan di rumah sakit program bayi tabung  yang memiliki peralatan yang diperlukan.


Bagi Anda yang tertarik untuk melakukannya, berikut ini adalah hal yang harus Anda persiapkan untuk mengikuti program tersebut.

 

Ini Dia 4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Ikut Program Bayi Tabung

Ini Dia 4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Ikut Program Bayi Tabung

1. Survei besaran biaya untuk program bayi tabung

Untuk dapat mengikuti program bayi tabung, diperlukan biaya yang relatif mahal dan tidak bisa di-cover oleh penyedia layanan kesehatan seperti BPJS kesehatan. Hal ini dikarenakan dibutuhkan teknologi canggih hingga konsultasi yang rutin dilakukan. Biaya setiap daerah dan negara berbeda-beda. Di Indonesia biaya program bayi tabung sekitar 30-80 juta rupiah. Oleh sebab itu, sebaiknya melakukan survei ke rumah sakit program bayi tabung sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

2. Wajib untuk mempersiapkan fisik yang prima

Program bayi tabung membutuhkan perhatian khusus. Tidak 100% program ini berhasil. "Tingkat keberhasilan program kehamilan menggunakan IVF cukup tinggi, yaitu sekitar 30-40%," ucap dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, M.Sc, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi RS Pondok Indah. Ada faktor yang menyebabkan program ini tidak berhasil, salah satunya karena kegagalan implantasi embrio. Selain itu ada persiapan fisik yang bisa dilakukan untuk mendukung keberhasilan program, contohnya istirahat yang cukup, berolahraga teratur, makan makanan bergizi, menghindari merokok, dan minum alkohol.

 

3. Hindari stres berlebihan yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan

Hal yang tidak kalah penting adalah menghindari stres dan beban pikiran yang akan berpengaruh pada tingkat kesuburan dan keberhasilan program bayi tabung. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk berpikir positif dan optimis atas usaha yang dilakukan. Hindari beban pikiran tentang kemungkinan kegagalan yang terjadi. Dokter juga diharapkan untuk bisa memberikan kenyamanan dan moral support saat pasien akan melakukan konsultasi.

 

4.  Pilih rumah sakit program bayi tabung dengan testimoni baik dan terpercaya

Dukungan teknologi yang terus berkembang dapat meningkatkan keberhasilan program ini. Beberapa teknologi tersebut di antaranya Laser assisted hatching, Oocyte imaging system, Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI). Teknologi tersebut telah ada di di RS Pondok Indah IVF Centre. RS Pondok Indah IVF Centre memberikan layanan one stop service. Selain itu Anda akan didampingi oleh tim IVF yang sudah mempunyai pengalaman di bidangnya..


Itu dia hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan menjalani program bayi tabung. Semoga bisa mendukung keberhasilan program yang sedang atau akan Anda jalani ya.

Postingan Populer