Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri, Bagaimana Caranya?

Apakah Anda sedang ingin kirim paket keluar negeri namun belum mengetahui bagaimana caranya? Secara umum, pengiriman paket ke luar negeri sebenarnya sama saja dengan mengirim paket di dalam negeri. Hanya saja, ada beberapa ketentuan yang perlu Anda ketahui sebelumnya.

Umumnya, ada batasan berat minimal terkait paket yang hendak dikirimkan tersebut. Selain itu, ada pula pajak pengiriman yang dibebankan sesuai dengan isi paket dan juga berat paket yang hendak dikirim tadi. Hanya saja, memang, ada perbedaan ketentuan dari masing-masing penyedia layanan pengiriman ke luar negeri tersebut.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa seluk-beluk terkait mengirim paket ke luar negeri dengan mudah. Penasaran? Simak ulasannya!

Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri, Bagaimana Caranya


Gambaran Cara Mengirim Paket ke Luar Negeri

Sebagaimana disinggung di awal, proses pengiriman paket ke luar negeri cenderung mirip dengan pengiriman paket di dalam negeri. Adapun cara pengiriman paket ke luar negeri yang perlu Anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Paket yang akan dikirimkan ke alamat luar negeri harus dikemas dengan kuat, baik dan benar

2)      Pastikan memilih jasa ekspedisi yang tepat dengan layanan pengiriman ke luar negeri

3)      Serahkan paket kepada pihak ekspedisi dan lengkapi formulir untuk pengiriman paket tersebut

4)      Bayar biaya pengiriman paket ke pihak ekspedisi sesuai ketentuan

5)      Minta nomor resi untuk memudahkan tracking

Nah, apabila Anda sudah mendapatkan nomor resi, maka Anda bisa memantau proses pengiriman secara berkala. Nantinya, ada notifikasi yang menyatakan jika paket Anda sudah tiba di tujuan.


Jalur Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Hal lain terkait pengiriman paket ke luar negeri yang perlu diketahui adalah jalur pengiriman yang tersedia. Nah, untuk pengiriman paket ke luar negeri, setidaknya ada dua jalur yang bisa dijadikan opsi, yaitu pengiriman via jalur udara dan pengiriman paket via jalur laut.


Adapun penjelasan masing-masing jalur pengiriman tersebut adalah sebagai berikut :

1)      Pengiriman paket jalur udara

Pengiriman paket melalui jalur udara dilakukan dengan menggunakan pesawat. Keuntungan dengan menggunakan jalur pengiriman pesawat adalah paket yang dikirimkan akan cenderung lebih cepat sampai ke tujuan. Hal ini dikarenakan adanya jadwal keberangkatan pesawat setiap hari.

Opsi pengiriman paket melalui jalur udara bisa menjadi pilihan terutama ketika Anda hendak mengirim paket yang cenderung urgen. Hanya saja, perlu diketahui bahwa biaya pengiriman paket dengan jalur udara cenderung lebih mahal. Juga, Anda tidak bisa melakukan pengiriman paket yang terlalu berat.


2)      Pengiriman paket jalur laut

Pengiriman paket melalui jalur laut dilakukan dengan kapal kargo. Umumnya, pengiriman ini digunakan untuk mengirim paket dalam jumlah yang besar. Meskipun cenderung lebih lama, keuntungan menggunakan ekspedisi laut adalah biaya yang lebih terjangkau.


Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda perhatikan perihal mengirim paket ke luar negeri. Untuk memudahkan pengiriman paket ke luar negeri, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id. Selain ongkir dari Jepang yang murah, pengiriman paket pun bisa dilakukan tanpa berat minimal!

Deskripsi: kirim paket ke luar negeri sebenarnya mirip dengan pengiriman di dalam negeri. Hanya saja, ada beberapa ketentuan tambahan yang perlu diperhatikan.

Postingan Populer